Selasa, 01 Mei 2018

10 Kiat Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja

Related image

sepatu safety murah - Sering jadi momok kalau membudayakan Keselamatan Kerja yaitu suatu hal yang susah. Tidak sekian!!!, semua dapat jadi simpel apabila tempat kerja kamu pimpin dengan nialai-nilai keamanan yang benar, dan memimpinya dengan berkelanjutan untuk menanamkan keyakinan yang kuat dikalangan karyawan. Budaya keamanan yang kuat tergambar dari nilai-nilai keberpihakan pada keamanan, system manajemen, program, dan semua karyawan mahir dan giat dalam singkirkan bahaya dan resiko ditempat kerja.

Berikut adalah tips berguna bagi anda yang berminat untuk membudayakan keselamatan ditempat kerja. Tips ini adalah sari dari sebagian tips yang dihimpun dari literatur dan beberapa praktik suskes yang sempat diraih di beberapa perusahaan.

10 Strategi Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja

1. Disain ruang kerja yang aman.
Di ruang kerja ada banyak perlengkapan. Diawali dari perlengkapan yang paling simpel hingga pada perlengkapan yang mutakhir. Seperti :

  • bangku, almari dan meja kerja ; furniture ; konveyor ; perlengkapan enteng s/d 
  • berat ; dan kendaraan. Penyusunan tata letak begitu perlu untuk menolong menjangkau efisiensi dan dampaktifitas kerja, menghindar error, 
  • dan paling akhir menghimpit peristiwa yg tidak diinginkan yang berakibat 
  • kecelakaan. 

2. Menjaga kebersihan ruang kerja.
Sebab ruang kerja yang bersih yaitu lokasi kerja yang aman dan sehat. Pada ruang kerja yang bersih bahaya tersingkirkan, disamping itu ruang kerja yang bersih akan tingkatkan produktivitas yang lebih
bersar dari karyawan.

3. Libatkan karyawan.
Sertakan karyawan kamu dalam sistem rencana safety. Karyawan yaitu orang pertama yang paling mengerti kondisi di tempat kerja. Mereka akan terpacu dengan baik untuk safety.

4. Instruksi kerja yang pasti.
Beri instruksi kerja yang jelas. Berikan pelatihan untuk memperjelas dan tingkatkan pemahaman. Instruksi diberikan berbentuk tertulis dan yakinkan mereka karyawan membaca, pelajari dan mengertinya. Dan yang paling akhir yakinkan karyawan kamu mengaku jadi penerimaan pada program kerja safety kamu.

5. Fokus pada beberapa hal yang feasible.
Pusatkan usaha keselamatan kamu pada problem yang paling mungkin dapat dikerjakan. Memberi konsentrasi pada problem yang besar yaitu perlu, tetapi hal tsb termasuk juga yang mustahil dapat dilaksanaan oleh karyawan dan hal semacam ini akan berperan pada berlangsung pelanggaran yang beresiko pada cidera atau kecelakaan.

6. Buka diri untuk terima input, kritikan dari bawahan.
Mendorong karyawan untuk melaporkan kepada anda tentang kekurangan, bebrapa gosip, pikiran dalam problem safety. Hal semacam ini akan beresiko pada membudayakan safety ditempat kerja. Pimpinan tempat kerja mesti buka diri untuk terima input, kritikan dari bawahan.

7. Observasi.
Anda mesti lakukan observasi dan pelajari tiap-tiap karyawan lakukan pekerjaan mereka. Perhatikan dan kerjakan koreksi pada mereka yang lakukan jalan pintas, dan memberi pengharggan pada mereka yang lakukan beberapa pekerjaan dengan baik dan mereka di untuk jadikan teladan untuk staf yang beda.

8. Menjaga semuanya mesin dan perlengkapan dalam kondisi baik.
Adalah tanggung jawab majikan untuk meyakinkan kalau semuanya mesin dan perlengkapan kerja ada di dalam keadaan yang baik. Yakinkan juga pelihara shift kerja, roster kerja dengan sebaik-baiknya.

9. Hazard, bahaya.
Jauhi bahaya yang tidaklah perlu. Untuk hal tersebut kerjakan kontrol teratur atau sekerap mungkin tempat kerja kamu. Yaitu perlu pemahaman, kemahiran untuk lakukan Identifikasi Bahaya dengan
baik dan benar.

10. Review.
Tiap-tiap th., atau setiap ada perubahan ditempat kerja mesti dikerjakan peninjauan kembali dasar kerja keselamatan ditempat kerja. Awalilah review tahunan dengan lakukan kontrol tempat kerja kamu, dan penelaahan menyeluruh terhadapa System, program keselamatan kamu.

Sekianlah 10 Strategi Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja yang bisa diaplikasikan manfaat wujudkan keselamatan dalam bekerja hingga terlepas dari kecelakaan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *