Minggu, 10 September 2017

Langkah Mudah Mengatasi Nyeri Haid

Related image

cara meredakan nyeri haid hari pertama - Nyeri haid atau dismenore bukanlah suatu hal yang asing untuk kaum hawa. Terlebih untuk wanita dewasa yang tetap dalam masa subur. Nyaris beberapa besar yang alami menstruasi tentu sempat rasakan nyeri haid, walau tingkat yang dirasakannya tidak sama. Ada yang rasakan nyeri yang teramat sangat dan berjalan lebih dari sehari. Ada juga yang rasakan nyeri kurun waktu beberapa jam saja. Hebatnya, rasa sakit saat jadwal haid tiba akan tiba setiap bulan ikuti siklus haid semasing wanita. Namun bagaimanapun itu, nyeri haid benar-benar sangat mengganggu kesibukan keseharian, terlebih untuk wanita yang punya kebiasaan aktif.

Dari aspek penyebabnya terjadinya nyeri haid di ketahui kalau sebenarnya nyeri haid yaitu suatu hal yang lumrah. Mengingat saat sistem terjadinya menstruasi otot-otot rahim juga akan alami kontraksi hebat. Karena otot rahim berkontraksi maka aliran darah yang mengalir ke pembuluh darah turut menyusut. Mengakibatkan otot-otot rahim bekerja makin aktif merangsang ujung-ujung saraf sampai menyebabkan rasa nyeri. Diluar itu, keadaan psikologis seorang yang tengah alami stress atau depresi dapat juga merubah rasa nyeri saat menstruasi datang.

Aspek-faktor beda yg tidak kalah pentingnya untuk di ketahui jadi pencetus rasa nyeri saat haid yaitu aspek umur. Ketika alami haid untuk pertama kalinya, rasa nyeri tidak terasa terlalu menyiksa. Hal semacam ini karena sebab peluang kontraksi otot rahim tidaklah terlalu aktif. Tetapi, 2-3 th. setelah masa haid pertama, rasa sakit mulai terasa makin menyakitkan. Tempat rahim yang menghadap ke belakang (retroversi), peradangan pada selaput lendri rahim, penggunaan spiral, perkembangan jaringan pada susunan rahim didalam ruang panggul atau yang umum dimaksud dengan endometrosis, ada tumor pada mulut rahim, dan infeksi tulang panggul/pelvis, jadi rangkaian aspek penyebabnya memperburuknya nyeri haid.

Baca : latihan yoga untuk memperbesar payudara

Biasanya rasa nyeri yang paling berat terjadi pada hari pertama datangnya haid dan berjalan tidak lebih dari 24 jam. Pusat rasa nyeri berada dibagian perut bagian bawah dan pinggang. Bila pun ada yang dirasakan penyerta seperti pegal-pegal, pusing, dan mual, itu akan tidak jadi persoalan besar selama si pasien masih tetap dapat bertahan dan mengatasinya dengan obat atau jamu pereda rasa sakit. Tetapi, apabila rasa nyeri berjalan lebih dari 24 jam dan terjadi pendarahan yang sangat hebat, maka peluang ada masalah serius pada rahim si pasien. Bila hal itu terjadi pada Kamu, maka selekasnya periksakan diri secepat-cepatnya ke dokter pilihan Kamu.

Saat ini, banyak cara yang bisa Kamu cobalah kerjakan untuk menangani nyeri haid. Paling tidak kurangi rasa nyeri di saat kesibukan repot Kamu. Mau tahu? Berikut cara-cara mengatasinya :

Berbaring pada landasan yang datar 
Berbaring adalah cara yang paling simpel dan aman untuk Kamu kerjakan untuk kurangi rasa nyeri haid. Berbaringlah pada permukaan datar agar tulang punggung Kamu lurus dan badan betul-betul merasa santai. Apabila kasur Kamu terlalu empuk dan buat punggung Kamu terasanya terbenam, baiknya berbaringlah diatas lantai saja. Memang, Kamu akan tidak betul-betul dapat menebak dengan tentu kapan haid akan tiba. Kamu hanya dapat memprediksi jadwal kehadirannya berdasar pada perhitungan siklus. Haid dapat datang di saat Kamu tengah berada di kantor atau diluar ruangan yang menyusahkan Kamu untuk berbaring. Bila hal tersebut terjadi, coba mengambil sedikit waktu untuk menentramkan diri dan mencari tempat yang agak sunyi agar Kamu dapat merebahkan diri selama beberapa menit saja.

Latihan yoga 
Olah fisik sekaligus meditasi ini bukanlah saja buat badan fresh dan sehat. Walau tidak kebanyakan orang yang sempat melakukan yoga, tetapi olah fisik ini sangat disarankan untuk dilakukan. Beberapa step yoga terkosentrasi pada panggul dan pinggang, yakni tempat di mana pusat rasa sakit karena haid sering terjadi. Pada step tersebut rasa sakit saat haid dapat diminimalkan. Bila Kamu seseorang pemula, tak ada kelirunya pelajari pergerakan yoga melalui internet atau kunjungi sanggar-sanggar yoga agar bisa menolong Kamu menangani yang dirasakan.

Memakai botol panas 
Ini yaitu cara classic yang sudah dilakukan mulai sejak dahulu untuk menangani rasa nyeri atau keram di bagian perut. Langkah tersebut cukup simpel, Kamu hanya memerlukan botol kosong yang tidaklah terlalu berat dan (baiknya) terbuat dari kaca tahan panas. Misalnya botol sisa sirup. Isi botol yang sudah kosong itu dengan 1/2 air panas dan seperempat air dingin. Gulirkan botol itu pada perut. Apabila takut terlalu panas, Kamu dapat mengalasnya terlebih dulu dengan kain atau baju yang tengah Kamu gunakan. Dampaknya cukup besar untuk menolong mengendurkan kemelut otot-otot bawah perut, dan pastinya buat Kamu merasa tambah nyaman.

Jauhi konsumsi cafein dan alkohol selama haid 
Bila Kamu seseorang pecandu kopi atau minuman mengandung alkohol, baiknya hentikan mengkonsumsi kopi dan alkohol sepanjang masa haid. Sebab, cafein dan alkohol dapat buat pembuluh darah menyempit dan meningkatkan kerja jantung lebih cepat. Mengakibatkan dengan psikis Kamu juga akan merasa lebih tegang dan susah menetralkan rasa sakit. Jadi gantinya, Kamu dapat konsumsi air putih lebih banyak atau teH herbal untuk kurangi rasa kembung di masa haid.

Baca juga : dampak buruk merokok bagi wanita

Penuhi konsumsi zat besi dengan rutin 
Saat haid badan juga akan terasa lemas. Biasanya juga keluar yang dirasakan sakit kepala, mual, susah berkosentrasi, bahkan juga pingsan untuk wanita yang alami haid berat. Untuk mengatasinya, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi seperti bayam, daging sapi, hati ayam, buah bit dan kacang-kacangan.

Berolahraga ringan 
Siapa katakan berolahraga sepanjang masa haid beresiko? Malah melakukan berolahraga enteng sepanjang masa haid dapat kurangi rasa nyeri. Hal tersebut karena sebab ketika olahraga badan melepas hormon endorfin lebih banyak untuk menghidupkan rasa nyaman. Diluar itu, melakukan berolahraga enteng di masa haid juga akan memperlancar aliran darah pada badan.

Memakan coklat dan kismis 
Coklat dan kismis memiliki kandungan zat yang bisa merangsang penambahan produksi hormon endorphin. Memakan coklat dan kismis juga akan merubah ketenagan psikis Kamu hingga muncul sensasi rasa nyaman.

Berendam di air hangat 
Siapa saja tahu kalau berendam didalam air hangat juga akan menolong meredakan kemelut otot-otot badan. Berendam didalam air hangat bukan sekedar disarankan saat Kamu merasa capek karena melakukan aktivitas sepanjang hari. Namun juga saat Kamu alami nyeri haid. Berendamlah sekitar 15-20 menit didalam air hangat dan rasakan bagaimana rasa nyeri karena haid itu dapat mereda.

Jumpai dokter secepat-cepatnya 
Bila obat-obatan pengurang rasa sakit pun tidak bisa meredakan rasa nyeri selama haid, bermakna ada peluang terjadi persoalan serius pada rahim Kamu. Selekasnya tanyakan problem ini pada dokter agar peluang terburuk dapat lebih cepat terselesaikan.

Tersebut cara-cara untuk menangani yang dirasakan nyeri haid. Mudah-mudahan berguna untuk semua wanita yang tetaplah ingin sehat dan aktif sepanjang masa haid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *