Minggu, 25 Maret 2018

Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

Riset Pasar Bisnis Online

jasa pembuatan website jakarta - Market research atau penelitian pasar yaitu tehnik yang dipakai pelaku bisnis untuk menyatukan dan menganalisis data/info yang bermanfaat mengenai bisnisnya. Penelitian pasar ini penting dilakukan sebelumnya menggerakkan bisnis dan pasarkan product ke market.

Dengan melakukan penelitian pasar, anda jadi pelaku bisnis juga akan ketahui bagaimana tingkah laku customer sebagai tujuan pasar anda. Anda juga ketahui seberapa banyak customer anda dan apakah product atau layanan bisnis anda diperlukan oleh mereka.

Untuk pelaku bisnis pemula di bisnis on-line, anda dapat melakukan penelitian pasar lewat cara yang cukup mudah. Anda dapat melakukan penelitian sendiri dengan menghubungi atau berjumpa segera beberapa orang sebagai calon customer mungkin di bisnis anda.

Pertanyaan Dalam Riset
Sebelumnya anda melakukan penelitian, anda harus telah usai mengindentifikasi tujuan pasar berdasar pada umur, type kelamin, tingkat pendapatan, tempat, dan sebagainya. Identifikasi itu penting agar nanti anda dapat meriset orang yang tepat.

Kemudian, sediakan beberapa pertanyaan penting untuk direspon oleh calon customer yang juga akan anda jumpai. Berikut beberapa contoh pertanyaannya :

- Bagaimana respon customer pada nama dan logo brand toko on-line, dan product anda?

- Berapakah biaya yang customer ingin mengeluarkan untuk memakai product anda?

- Apakah customer sukai berbelanja on-line dan seberapa sering?

- Bagaimana caranya customer berbelanja on-line?

- Apa sajakah yang penting dalam kesibukan dan sistem jual-beli on-line?

Cara Melakukan Penelitian ke Konsumen
Penelitian dapat dilakukan dengan beragam cara, misalnya dengan interview atau wawancara segera, wawancara lewat telepon, diskusi grup, dan survey on-line. Paling mudah yaitu dengan menebarkan survey on-line memakai tool dari Survey Monkey, Google Forms, Wufoo, dan sebagainya.

Tetapi, baiknya jauhi untuk ajukan pertanyaan pada beberapa orang paling dekat karena mereka hanya mewakili beberapa kecil pasar dan peluang juga akan memberi jawaban yang subjektif.


Lebih baik anda ajukan pertanyaan segera dengan beberapa orang tidak di kenal yang mewakili tujuan pasar dan untuk memperoleh tanggapan yang jujur.

Menawarkan Product dan Layanan Anda ke Tujuan Pasar
Manfaat menguji cobalah product dan layanan, anda dapat tawarkan dan tunjukkan segera ke tujuan pasar saat melakukan survey, misalnya dengan mempresentasikan situs toko on-line anda dan product yang di jual.

Minta respon dari mereka, baik itu positif dan negatif. Input positif pasti mungkin saja bahan untuk tingkatkan kualitas bisnis anda. Sesaat input negatif dapat jadi bahan pelajari untuk melakukan perbaikan kekurangan product dan layanan bisnis anda.

Kerjakan Penelitian Kompetitor
Terkecuali melakukan penelitian pada customer, anda juga perlu mencari tahu keadaan pasar dan pesaing. Dapatkan tantangan atau ancaman dalam bagian bisnis on-line yang anda lakukan. Data beberapa nama pesaing, type pemasaran yang mereka kerjakan, dan berapakah harga yang diputuskan mereka.

Cara termudah untuk melakukan penelitian itu yaitu dengan memakai internet. Pakai mesin pencarian seperti Google untuk ketahui pesaing yang paling banyak di cari dan mencari keyword yang terkait dengan product anda.

Begitu anda semakin lebih mengerti keadaan pasar dan potensi pertumbuhannya untuk bisnis on-line anda. Kerjakan analisa pasar dan pesaing, agar anda dapat mempersiapkan kiat untuk berkompetisi. Untuk pelaku bisnis pemula, anda harus mengaplikasikan penelitian itu, karena info yang anda peroleh juga akan bermanfaat untuk mempersiapkan gagasan pemasaran yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *